Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 12 Oktober 2012

Langue dan Parole


Perbedaan Langue dan Parole serta Keterkaitan Dikotominya
Antara Langue dan Parole merupakan teori yang dicetuskan oleh F. De Saussure


Langue

Langue merupakan bahasa sebagai objek sosial yang murni dan dengan demikian keberadaannya diluar individu, sebagai seperangkat konvensi-konvensi sistemik yang berperan penting dalam komunikasi. Langue merupakan sistem sosial yang otonom, yang tidak bergantung kepada materi maupun tanda-tanda pembentuknya. Sebagai sebuah institusi sosial, langue bukan sama sekali sebuah tindakan dan tidak bisa pula dirancang atau diciptakan atau diubah secara pribadi, karena pada hakikatnya langue merupakan kontrak kolektif yang sungguh-sungguh harus dipatuhi bila kita ingin berkomunikasi, singkat kata langue adalah bahasa dalam wujudnya sebagai suatu sistem.
Disamping sebagai sebuah institusi sosial, langue juga sekaligus merupakan sistem nilai. Bila sebagai suatu sistem sosial, langue pada dasarnya merupakan kontrak kolektif yang harus diterima secara menyeluruh bila kita hendak berkomunikasi. Karena demikian, langue tersusun atas sejumlah elemen yang sekaligus ekuivalen dari kuantitas benda-benda dan terma-terma yang berfungsi lebih luas didalam sebuah tatanan referenssial.

Pemahaman dalam bahasa singkatnya Langue merupakan sistem yang mengacu pada bahasa tertentu yang ada di pemikiran manusia.

Parole

Parole merupakan bagian dari bahasa yang sepenuhnya individual. Parole dapat dipandang, pertama-tama, sebagai kombinasi yang memungkinkan subjek (penutur) sanggup menggunakan kode bahasa untuk mengungkapkan pikiran pribadinya. Disamping itu, ia juga dapat dipandang sebagai mekanisme psiko-fisik yang memungkinkan subjek menampilkan kombinasi tadi. Aspek kombinatif ini mengimplikasikan bahwa parole tersusun dari tanda-tanda yang identik dan senantiasa berulang. Karena merupakan aktivitas kombinatif maka parole terkait dengan penggunaan indifidu dan bukan semata-mata bentuk kreasi. 

Singkatnya, parole merupakan penggunaan aktual bahasa sebagai tindakan individu-individu.


Perbedaan Langue dan Parole


Keterkaitan Dikotominya
Langue dan Parole memiliki keterkaitan dikotomi dari pemaparan yang dijelaskan yakni kita mengolah suatu sistem tata bahasa kita menggunakan Langue sementara kita keluarkan atau kita apresiasikan melalui alat ucap kita yaitu mulut.



Perbedaan Kompetensi dan Performansi serta keterkaitan Dikotominya
Antara Kompetensi dan Performansi merupakan teori yang di kemukakan Nom Chomsky.
  
Kompetensi
Suatu kemungkinan yang tersimpan dan tewaris pada otak manusia dengan persepsi bahwa manusia dapat melaksanakan proses berbahasa.Dengan kata lain kompetensi adalah kemampuan yang dimiliki pemakai bahasa mengenai bahasanya.Chomsky (1957) memiliki asumsi bahwa kemampuan orang menggunakan bahasa berkaitan erat dengan pengetahuan tentang kaidah-kaidah yang ada di dalam bahasa tersebut.
 Performansi 
 
     Performansi adalah aktualisasi bahasa,disini maksudnya dalah hasil dari bahasa tersebut.Misalkan seorang anak yang mampu menggunakan bahasa untuk berkomunikasi merupakan hasil dari pencernaan dan pengolahan tata bahasa yang mungkin tidak sengaja ia dengar maupun memang sengaja untuk diajarkan kedua orang tua dan dari lingkungannya.
 
       Keterkaitan dikotominya

         Sebagaimana diketahui bahwa kompetensi adalah pengetahuan penutur-pendengar mengenai bahasanya dan performansilah yang mewujudkan bahasa dalam pelaksanaan berbahasa dalam bentuk menerbitkan kalimat-kalimat dalam keadaan yang nyata.

Perbedaan Struktur Dalam dan Struktur Luar serta keterkaitan dikotominya
Antara Struktur Dalam dan Struktur Luar merupakan teori yang di kemukakan Nom Chomsky.

  • Struktur Dalam
    Struktur Dalam merupakan struktur yang dianggap mendasari kalimat dan mengandung semua informasi yang diperlukan untuk interpretasi sintaksis dan semantiknya.

    Struktur Luar
    Struktur luar adalah struktur yang tampak dalam tuturan nyata yang menggambarkan urutan bunyi, kata, frasa, kalimat.

    Keterkaitan dikotominya
    Struktur Dalam dan Struktur Luar ditinjau dari dikotomi adalah struktur dalam merupakan dasar pembentukan kalimat yang berisi segala aspek informasi sedang kan struktur luarlah yang merelasiasikannya berupa bunyi,frasa dan kalimat.

0 komentar:

Posting Komentar